3 Panduan Paling Penting Beli Rumah Pertama Anda

Inilah 3 Panduan Paling Penting Beli Rumah Pertama Anda
Dari sekian banyak pencari rumah, istilah "Membeli rumah itu gampang-gampang sulit" sudah menjadi pameo umum, betul bukan? Apalagi Anda yang baru pertama kali akan membeli rumah. Belum lagi cara pembayaran yang akan Anda pilih pun sangat mempengaruhi proses yang akan Anda lewati.

Anda keluarga baru atau Anda yang sedang berencana untuk membeli rumah pertama? Jangan remehkan 3 panduan di bawah ini agar tidak menyesal di kemudian hari. 

1. Memilih Lokasi 
Lokasi merupakan faktor paling penting ketika kita membeli rumah. Maka wajar jika di dunia properti orang mengenal istilah, lokasi, lokasi dan lokasi. Tidak hanya pembeli rumah pertama, semua orang akan melihat lokasi sebagai hal yang utama dalam membeli rumah. 

Lokasi berkaitan dengan:
  1. Akses transportasi seperti; akses tol, stasiun, jalan utama
  2. Ketersediaan fasilitas umum: masjid, pasar/mall, kantor polisi, rumah sakit, institusi pendidikan, kantor pemerintahan, 
  3. Aman tidaknya dari bahaya banjir, 
  4. Suasana lingkungan yang asri dan tidak terlalu dekat keramaian dan sebagainya.
2. Harga
Anda perlu merencanakan terlebih dahulu, berapa harga rumah yang mau Anda beli? Sehingga Anda lebih fokus di perumahan yang menawarkan harga sesuai yang Anda inginkan. Dengan demikian Anda bisa menghemat waktu untuk kegiatan Anda lainnya.

Selain itu, manfaatkan oleh Anda harga promo yang ditawarkan oleh pengembang. Biasanya harga promo bisa lebih murah dari harga normal. Hal ini sangat penting, karena properti adalah investasi. Bayangkan jika suatu saat Anda ingin pindah atau membeli rumah yang lain. Rumah pertama Anda bisa menjadi modal karena nilainya yang naik. Bisa Anda jual kembali atau disewakan. 

3. Cara pembayaran
Hal ini juga sangat penting terutama bagi Anda yang memilih cara pembayaran dengan kredit. Pastikan KPR yang Anda pilih adalah yangg 100% syariah. Kenapa? 

Karena rumah adalah investasi jangka panjang, cicilannya pun rata-rata panjang bisa sampai 15-20 tahun. Sedangkan KPR yang tidak syariah  pastinya akan ada bunga, denda dan sita. Padahal semuanya itu adalah riba yang dosanya sangat besar, dimana Allah dan Rasulnya akan memerangi pelaku riba, dosa terkecilnya seperti dosa menzinahi orang tua sendiri. Ih Sadis!! 

Tentu Anda tidak ingin puluhan tahun bergelimang dosa riba kan? Tentu Anda pun ingin rumah yg dimiliki menjadi investasi pahala dunia dan akhirat kan? 

Demikian 3 panduan penting ketika Anda berencana membeli rumah pertama Anda.

Dapatkan info dari propertysyariah.xyz secara berkala dengan mendaftarkan email Anda di website Kami. Juga mengikuti akun sosial media kami yang lain:
Salam Berkah Properti Syariah, Terimakasih

Tidak ada komentar:

Back to Top